TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK ABEPURA KOTA JAYAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Distrik Abepura Kota Jayapura. Manfaat dari penelitian ini sebagai salah satu bahan masukan dalam peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada Kantor Distrik Abepura Kota Jayapura. Jenis dalam penelitian ini menggunakan jenis eksplanasi (lebih menonjol dan cocok pada metode kuantitatif). Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif dan statistik obyektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan presentase tanggapan mereka. Data primer dikumpulkan langsung oleh peneliti melalui pihak yang disebut sumber primer, yakni 384 orang dengan menggunakan instrument : kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak lain tentang objek dan subjek yang diteliti, dan mempelajari dokumentasi-dokumentasi tentang objek dan subjek yang diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan "tingkat kepuasan masyarakat" sebagai variabel x dan "pelayanan publik" sebagai variabel y dimana terdapat hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Melalui perhitungan product moment, telah terbukti bahwa variabel x dan variabel y berhubungan secara signifikan.