PENGARUH PERUBAHAN FUEL RACK INJECTOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN DIESEL 4 LANGKAH CAT 3616 TIPE -V
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perubahan penyetelan fuel rack pada injector
terhadap daya efektif (), komsumsi bahan bakar (FC), konsumsi bahan bakar spesifik (SFC),
efisiensi termal () dan efisiensi mechanic (). Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui
variasi fuel rack pada injektor motor diesel injeksi langsung didapatkan nilai daya efektif dari
beberapa variasi fuel rack pada injection untuk beban kerja 2.5 MW; daya efektif yang dihasilkan
adalah 293.35 kW dan daya efektif yang paling besar adalah 469.32 kW untuk beban kerja 4
MW, komsumsi bahan bakar (FC) paling rendah pada beban kerja 2.5 MW dengan variasi
118.00 mm tertulis 4.37 kg/h sendangkan komsumsi bahan bakar yang paling banyak terdapat
pada beban kerja 3 MW dengan jarak variasi 117.80 mm dengan hasil perhitungan 7.06 kg/h,
konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang rendah pada beban kerja 4 MW dengan jarak 118.00
mm tertulis 0.0104 kg/kW.h sedangkan komsumsi bahan bakar spesifik yang paling tinggi
terdapat pada beban kerja 3 MW dengan variasia fuel rack 117.80 mm terdapat 0.0170 kg/kW.h,
efisiensi termal () yang terendah pada beban kerja 2.5 MW pada variasi 117.80 mm yaitu
13.60 % dan yang paling tinggi adalah pada beban kerja 4 MW pada variasi 118.00 mm yaitu
22.25 %. dan efisiensi mechanic () bahwa besaran pemanfaatan energi yang terkadung
dalam bahan bakar menjadi tenaga gerak dari beban kerja yang diberikan terhadap variasi fuel
rack pada injector adalah 85 % dari semua variasi fuel rack pada injector terhadap variasi beban
yang dibebani.