AKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU KAPAL DI PELABUHAN MANOKWARI

  • Thelly S. H. Sembor Universitas Saisn dan Teknologi Jayapura
Keywords: Tujuan Penelitian, Teknik Analisis Regresi Linier Berganda², Variabel Dominan, Koefesien Determininasi R

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu
kapal serta mencari variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap waktu tunggu
kapal di Pelabuhan Manokwari. Jumlah sampel penelitian diambil dengan menggunakan
Proportional random sampling yaitu dengan mengambil sebanyak 77 kapal yang terdiri dari
: 19 kapal Penumpang, 31 kapal General Cargo dan 27 kapal Petikemas.
Teknik Analisa Regresi Linier Berganda untuk menguji hipotesis digunakan uji F pada
taraf nyata = 0,05, digunakan untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabel
bebas (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat (Y). Nilai signifikan F pengujian
hipotesis adalah sebesar 0,000 apabila dibandingkan dengan taraf nyata = 0,05 berarti nilai
signifikan F lebih kecil dari taraf nyata = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersamasama variabel bebas Permintaan Kapal Pandu, Kesiapan Peralatan Bongkar muat, dan
Produktivitas Bongkar Muat di Dermaga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
variabel terikat yaitu waktu tunggu kapal, berarti hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Variabel Dominan yang mempengaruhi waktu tunggu kapal ditunjukan pada metode
stepwise dari regresi yang menyebutkan untuk Kapal Penumpang Variabel yang dominan
yang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalah variabel (Produktivitas Bongkar muat),
untuk kapal General Cargo yang dominan yang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalah
variabel (Produktifitas Bongkar Muat) sedangkan Kapal Petikemas variabel yang dominan
yang mempengaruhi waktu tunggu kapal adalah (Permintaan Kapal Pandu)
Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R² untuk Kapal Penumpang
sebesar, 0,478. Dengan demikian 4,78% Waiting Time dijelaskan oleh 3 (tiga) variabel
tersebut, sedangkan sisanya 52,2% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasuk
didalam penelitian ini. Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R² untuk Kapal
General Cargo sebesar, 0,236. Dengan demikian 23,6% Waiting Time dijelaskan oleh 3
(tiga) variabel tersebut, sedangkan sisanya 76,4 % merupakan pengaruh variabel lain yang
tidak termasuk didalam penelitian ini. Koefesien determinasi mendapatkan nilai adjusted R²
untuk Kapal Petikemas sebesar, 0,194. Dengan demikian 19,4% Waiting Time di jelaskan
oleh 3 (tiga) variabel tersebut , sedangkan sisanya 80,6% merupakan pengaruh variabel lain
yang tidak termasuk di dalam penelitian ini.

Published
2019-10-14
Section
Articles