PENGEMBANGAN PRODUK DENGAN PENDEKATAN CONJOINT ANALYSIS (STUDI KASUS : MINUMAN TEH DALAM KEMASAN)
Abstract
Perkembangan industri consumer good mengalami perkembangan yang sangat
cepat. Munculnya industri baru menimbulkan tingkat persaingan industri penghasil
produk sejenis dan produk subtitusi semakin meningkat. Hal ini dialami pula oleh
perusahaan yang bergerak dalam bidang industri minuman dalam kemasan berbahan dasar
teh, dimana semakin banyak perusahaan sejenis yang menghasilkan produk serupa dan
produk baru turunannya. Kondisi ini mengharuskan perusahaan untuk segera melakukan
pengembangan produknya agar tetap mampu bersaing di pasaran.
Pengembangan produk didahului dengan suatu riset untuk mendapatkan jawaban
terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan. Seperti diketahui bahwa produk (atau jasa)
terdiri dari berbagai atribut. Untuk mengetahui kombinasi atribut dari produk yang diinginkan
oleh konsumen harus dilakukan penelitian. Analisa Conjoint merupakan metode yang dapat
digunakan untuk mendapatkan kombinasi atribut suatu produk sesuai dengan yang
diinginkan oleh konsumen, sehingga akan didapatkan ukuran kuantitatif terhadap tingkat
kegunaan (utility) dan kepentingan relatif (relatif importance) suatu atribut dibandingkan
dengan atribut yang lainnya. Selanjutnya nilai-nilai ini dapat digunakan untuk menentukan
atribut-atribut suatu produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.




