KAJIAN RUANG PARKIR DI PASAR SENTRAL HAMADI KOTA JAYAPURA

  • Ilona R Wakum Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Joko Purcahyono Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Normalia Ode Yanthy Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Anna M Labok Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Keywords: Kapasitas parkir, Indeks parkir, Parkir on-street, Kemacetan, Pasar Sentral Hamadi

Abstract

Masalah ruang parkir di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura, menjadi perhatian karena berdampak signifikan pada kelancaran lalu lintas dan aktivitas ekonomi di sana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat layanan fasilitas parkir di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif untuk menganalisis kapasitas dan indeks parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas parkir roda dua masih memadai dengan indeks parkir rata-rata 17,19%, sedangkan roda empat mengalami kelebihan beban dengan indeks parkir rata-rata 145%. Kondisi ini menyebabkan banyak kendaraan roda empat parkir di badan jalan, yang mengurangi kapasitas jalan dan memicu kemacetan lalu lintas. Minimnya fasilitas pendukung, seperti rambu parkir dan petugas pengatur parkir, memperburuk situasi di sana. Dampaknya meliputi kemacetan yang berkepanjangan, penurunan efisiensi pasar sebagai pusat perdagangan, dan ketidaknyamanan bagi pengunjung. Penelitian ini merekomendasikan penyediaan lahan parkir tambahan, perbaikan fasilitas pendukung, dan pengelolaan parkir yang lebih terorganisir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi lalu lintas, kenyamanan pengguna, dan keberlanjutan fungsi pasar.

Published
2025-01-27
How to Cite
Wakum, I., Purcahyono, J., Yanthy, N., & Labok, A. (2025). KAJIAN RUANG PARKIR DI PASAR SENTRAL HAMADI KOTA JAYAPURA. Jurnal MEDIAN Arsitektur Dan Planologi, 14(02), 98-104. https://doi.org/10.58839/jmap.v14i02.1474

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>