Aplikasi Media Belajar Bahasa Sentani Berbasis Android dengan Metode Penelitian dan Pengembangan

  • Mohammad Rahmat Irjii Matdoan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Rasna Rasna Universitas Yapis Papua
Keywords: media pembelajaran, mobile, android, bahasa Sentani, Research and Development

Abstract

Metode Sequential search adalah suatu teknik pencarian data dalam array satu dimensi yang akan menelusuri semua elemen-elemen array dari awal sampai akhir, dimana data-data tidak perlu diurutkan terlebih dahulu. Kemungkinan terbaik adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terdepan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data menjadi minimal. Kemungkinan terburuk adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terakhir sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat lama. Media pembelajaran bahasa Sentani merupakan media pembelajaran berbasis android yang digunakan untuk mengenalkan pembelajaran anggota tubuh, anggota keluarga, kalimat percakapan dalam bahasa Sentani. Bahasa Sentani atau Buyaka adalah suatu bahasa Papua yang dituturkan di Danau Sentani, Provinsi Papua. Saat ini bahasa Sentani terancam punah dikarenakan masyarakat suku sentani tidak menggunakan bahasa Sentani dikehidupan sehari-hari. Dengan berubahnya perilaku para masyarakat Sentani maka peneliti membuat suatu media pembelajaran berbasis Android Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) dan melakukan proses pencarian dengan metode sequential research. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket pada masyarakat yang tinggal di sekitaran Danau Sentani. Adapun hasil penelitian adalah sebuah media pembelajaran mobile yang efektif dan efisien digunakan karena dapat diterjemahkan bahasa Sentani ke bahasa Indonesia sehingga memudahkan masyarakat dalam mempelajari Bahasa Sentani.

Published
2020-05-14
How to Cite
Matdoan, M., & Rasna, R. (2020). Aplikasi Media Belajar Bahasa Sentani Berbasis Android dengan Metode Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 34-43. Retrieved from https://ojs.ustj.ac.id/jti/article/view/732