MANAJEMEN PENGELOLAAN PARKIR JASA PUBLIK ( STUDI KASUS LOKASI PASAR IKAN HAMADI )

  • Thelly S.H Sembor Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Estina Fransiska Wanggai Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Keywords: lahan parkir, tarif parkir, manajemen pengelolaan

Abstract

Penyediaan lahan parkir di Pasar Ikan Hamadi Kota Jayapura belum tertata rapih, hal ini
terlihat dari kendaraan yang masuk ke Pasar Ikan Hamadi baik llyitu Kendaraan para Penjual
maupun para pembeli atau pengunjung parkir tidak pada tempatnya selain itu juga belum
adanya penertiban tarif parkir yang ditetapkan oleh Pemerintah atau belum adanya manajemen
pengelolaan parkir yang baik.
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menghitung volume kendaraan baik pada hari libur
maupun hari kerja, menganalisa dan mendesain parkiran pasar ikan hamadi serta mendapatkan
manajemen pengelolaan parkir jasa publik pada lokasi pasar ikan hamadi kota jayapura.
Dari hasil survey dan pengolahan data diperoleh volume kendaraan tertinggi yaitu pada
hari libur dimana untuk kendaraan roda 2 sebanyak 473 kendaraan dan roda 4 sebanyak 444
kendaraan. Sedangkan untuk kapasitas parkir kendaraan roda 2 yang tadinya 76 petar parkir
menjadi 135 petak parkir dan kendaraan roda 4 yang sebelumnya 25 petak parkir menjadi 30
petak parkir.
Sebagai saran dan rekomendasi, perlu adanya keseriusan Pemerintah Kota Jayapura dalam
hal ini Dispenda Kota Jayapura yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dalam mengatur
tentang pengelolaan manajemen parkir yang didalamnya termasuk Retribusi Parkir Kendaraan
sebagai salah satu Sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Published
2017-06-01
How to Cite
Sembor, T., & Wanggai, E. (2017). MANAJEMEN PENGELOLAAN PARKIR JASA PUBLIK ( STUDI KASUS LOKASI PASAR IKAN HAMADI ). Jurnal PORTAL SIPIL, 6(1), 15-34. Retrieved from https://ojs.ustj.ac.id/sipil/article/view/208