PENGARUH U – TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU – LINTAS RUAS JALAN ABEPURA KOTA JAYAPURA

  • Dewi Anggraeni Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Muhammad Rifai Supono Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Keywords: u-turn, waktu tempuh, tundaan kendaraan

Abstract

Bukaan median dengan fasilitas u-turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah
konflik, sebab gerak u-turn itu sendiri akan menimbulkan masalah konflik tersendiri dalam
bentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah.
Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan di mana
kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintas
pada arah yang sama. Metode penelitian ini mempelajari tundaan kendaraan searah bagi
kendaraan yang tidak akan melakukan u-turn akibat kendaraan yang melakukan u-turn di
bukaan median. Lokasi yang diamati pada ruas jalan 4/2 D, yaitu bukaan median Jln. Abepura,
Persimpangan Sosiri sampai Persimpangan Ramayana, di Kota Jayapura. Dari hasil perhitungan
waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn sangat dipengaruhi oleh jumlah
lajur dan arah serta bukaan median, memiliki 4 lajur 2 arah

Published
2017-06-01
How to Cite
Anggraeni, D., & Supono, M. (2017). PENGARUH U – TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU – LINTAS RUAS JALAN ABEPURA KOTA JAYAPURA. Jurnal PORTAL SIPIL, 6(1), 1-14. Retrieved from https://ojs.ustj.ac.id/sipil/article/view/207