IMPLEMENTASI ETIKA PEGAWA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN ABEPANTAI DISTRIK ABEPURA KOTA JAYAPURA

  • Bonefasius Bao Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Adinda Putri Zakina Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Keywords: Implementasi, Etika pegawai, Pelayanan

Abstract

Etika pegawai dalam memberikan pelayanan publik merupakan wujud kontrol dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan kewenangannya. Dengan demikian Aparatur Sipil Negara harus menjadikan etika pegawai sebagai pedoman dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat mewujudkan pelayanan administrasi dengan profesional. Oleh karena itu, peneliti termotivasi untuk mengelaborasi bagaimana etika pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Abepantai, Kota Jayapura. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui (1) Akuntabel (Tepat guna), (2) Loyality (Kesetiaan), (3) Responsibility (Tanggung jawab), (4) Equity (Keadilan), serta (5) Trust (Kepercayaan). yang diberikan penyelenggara pelayanan publik di Kantor Keluarahan Abepantai kepada masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas obsrevasi dan wawancara serta dokumen-dokumen tertulis.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Responsibility (Tanggungjawab) yang diberikan penyelenggara pelayanan di kantor kelurahan Abepantai belum maksimal. Equity (Keadilan) yang diberikan juga belum berjalan sebagaimana mestinya. Masih ditemukan ketidakadilan atau diskriminasi dalam memebrikan pelayanan.Kesetiaan (loyality) yang diberikan antara lain tentang kepuasan dan kepercayaan masyarakat serta kemudahakan akses yang diberikan oleh pegawai kecamatan kepada masyarakat. Tanggung jawab (responsibility) yang diberikan juga belum sesuai ekspetasi seperti ada yang bekerja tidak ikhlas dalam melayani masyarakat dengan melakukan pungutan tambahan. Trust (Kepercayaan) pada etika pegawai di Kantor Lurah Abepantai belum maksimal. Adanya perlakuan pegawai (sikap dan tindakan) kepada pengguna layanan yang kurang baik menyebabkan pengguna layanan beranggapan bahwa diskriminasi pelayanan dengan sendirinya menurunkan tingkat kepercayaan mereka kepada pegawai dikantor tersebut.

Published
2022-07-07