Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perizinan Usaha Berbasis Website Menggunakan Metode Pieces (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua)

  • Mohammad Rahmat Irjii Matdoan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
  • Rasna Rasna Universitas Yapis Papua
  • Fajrin Noviansyah Universitas Yapis Papua
Keywords: sistem informasi, perizinan usaha, PIECES

Abstract

Proses pembuatan izin saat ini pihak perusahaan harus mengambil formulir pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan menanyakan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk pembuatan izin usaha berdasarkan bentuk perusahaan yang akan didirikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sistem informasi monitoring perizinan usaha berbasis website. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode PIECES. Sistem informasi monitoring perizinan usaha akan dianalisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi dan pelayanan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat membantu pengguna dalam mengajukan perizinan dan membantu memonitoring data perizinan usaha yang telah diinputkan oleh pengguna.

Published
2021-04-09
How to Cite
Matdoan, M., Rasna, R., & Noviansyah, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perizinan Usaha Berbasis Website Menggunakan Metode Pieces (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua). Jurnal Teknologi Informasi, 9(1), 26-35. Retrieved from http://ojs.ustj.ac.id/jti/article/view/890